[Sistem Informasi Manajemen] Pengertian dan Contoh Enterprise Systems, Suply Chain Management (SCM) Systems, dan Costumer Relationship Management (RCM) Systems

1.  Enterprise Systems atau Sistem Enterprise adalah aplikasi perangkat lunak skala besar yang mendukung atau memfasilitasi proses-proses bisnis, aliran informasi, laporan, dan analisis data dalam suatu perusahaan/organisasi yang besar.  Sistem enterprise adalah platform teknologi yang menyatukan semua informasi dari berbagai divisi dalam suatu perusahaan/organisasi menjadi satu informasi secara logikal, sehingga perusahaan/organisasi bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah. Dibutuhkan juga penyatuan database dari semua divisi agar pengaksesan informasi bisa diakses oleh semua level di perusahaan/organisasi tersebut.
www.datacentrix.co.za
Kualitas informasi Sistem Enterprise:
·        Fleksibel
·        Menghasilkan informasi yang benar
·        Meghasilkan informasi berkala
·        Meghasilkan informasi relevant
·        Menghasilkan informasi yang komplet
·        Menghasilkan informasi yang valid
User Interfaces Sistem Enterprise:
·        Mempunyai GUI yang bagus
·        User Interfacenya harus user friendly
·        Memungkinkan acces yang aman ke informasi
·        Dapat diakses dari banyak tempat
·        Menyediakan cara pengaksesan informasi yang cepat dan mudah
Keuntungan penerapan Sistem Enterprise: :
·        Memfasilitasi pencapaian tujuan organisasi
·        Memfasilitasi akses ke seluruh informasi
·        Meningkatkan kualitas dari pengambilan keputusan
·        Menyediakan keuntungan kompetitif
·        Mempercepat waktu pencarian informasi
·        Meningkatkan kemampuan komunikasi.
·        Meningkatkan kualitas komunikasi
·        Memungkinkan perencanaan
·        Memenuhi kebutuhan eksekutif
·        Memungkinkan pencarian penyebab masalah
Contoh Penerapan Sistem Enterprise:
Peranan Enterprise system ketika organisasi membutuhkan laporan dari organisasi cabang di daerah tertentu yang sesuai dengan keinginan perusahaan, maka untuk mendapatkan laporan tersebut dengan adanya enterpris system, system pelaporan akan lebih mudah dan efektif untuk dapat menyajikan laporan tersebut karena proses dalam penyajian laporan tersebut relatif cepat dibandngkan dengan proses penyajian yang dilakuan secara manual.
2. Suply Chain Management (SCM) Systems atau Sistem Manajemen Rantai Suplai adalah manajemen jaringan bisnis yang secara keseluruhan meliputi perencanaan dan manajemen semua aktivitas dalam penyimpanan bahan baku, barang yang sedang diproses, dan brang yang sudah siap untuk dikonsumsi. Tujuan yang hendak dicapai dari setiap rantai suplai adalah untuk memaksimalkan nilai yang dihasilkan secara keseluruhan dalam penyediaan produk dan paket yang dibutuhkan oleh konsumen akhir dalam rantai suplai.
www.ioscm.com
Supply Chain Management (SCM) menekankan pada pola terpadu menyangkut proses aliran produk dari supplier, distributor/reseller, manufaktur, retailer, logistic, hingga pada konsumen akhir. Fokus utama dari SCM adalah sinkronisasi proses untuk kepuasan pelanggan. Semua supply chain pada hakekatnya memperebutkan pelanggan dari produk atau jasa yang ditawarkan. Semua pihak yang berada dalam satu rantai supply chain harus bekerja sama satu dengan lainnya semaksimal mungkin untuk meningkatkan pelayanan dengan harga murah, berkualitas, dan tepat pengirimannya.
Fungsi SCM, yaitu:
1.      SCM secara fisik mengkonversi bahan baku menjadi produk jadi dan menghantarkannya ke pemakai akhir. Fungsi pertama ini berkaitan dengan ongkos-ongkos fisik, yaitu ongkos material, ongkos penyimpanan, ongkos produksi, ongkostransportasi dan sebagainya.
2.      SCM sebagai mediasi pasar, yakni memastikan bahwa apa yang di suplai oleh SCM mencerminkan aspirasi pelanggan atau pemakai akhir tersebut. Fungsi kedua ini berkaitan dengan biaya-biaya survey pasar, perancangan produk, serta biaya-biaya akibat tidak terpenuhinya aspirasi konsumen oleh produk yang disediakan oleh sebuah SCM. Ongkos-ongkos ini bisa berupa ongkos mark down, yakni penurunan harga produk yang tidak laku dijual dengan harga normal, atau ongkos kekurangan supply yang dinamakan dengan stockout cost.
Contoh Suply Chain Management:
Supply Chain untuk pembuatan sereal jagung (jenis makanan untuk sarapan) adalah sebagai berikut:
·        Petani jagung. Proses dimulai dari pemilihan bibit jagung, penebaran, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan jagung, dan diakhiri dengan penjualan hasil panen ke pabrik pembuatan sereal.
·        Pabrik dalam pembuatan sereal jagung. Proses dimulai dari pembersihan biji jagung yang diterima dari petani, pemanggangan menjadi sereal, pengepakan (packaging), penyimpanan di gudang untuk distribusi ke supermarket/ toko (retail), pengiriman (transportasi) ke supermarket/ toko.
·        Proses penjualan dimulai dari penyimpanan di rak-rak di supermarket, penjualan ke pembeli (customer) dan akhirnya di konsumsi oleh pembeli. Produk yang tidak terjual akhirnya akan dimusnahkan pada saat produk telah mencapai masa kadaluarsa.
Dengan kata lain, Supply Chain, adalah kegiatan yang dimulai dari sumber pembuat bahan baku (supplier) sampai ke pengguna terakhir (customer).
3.      Costumer Relationship Management (RCM) Systems atau adalah seuah pendekatan untuk mengatur sebuah interaksi perusahaan dengan costumer/pelanggan yang sekarang maupun dimasa mendatang. Pendekatan RCM ini mencoba untuk menganalisis data tentang sejarah pelanggan dengan perusahaan, tujuannya untuk meningkatkan hubungan bisnis yang lebih baik dengan pelanggan, khususnya dengan fokus pada menahan pelanggan, dan juga sebagai pertumbuhan penjualan.
crmsystemsonline.com

CRM sudah dilengkapi dengan analisis pelanggan, vendor, partner, proses informasi internal dan penyimpanan. Sedangkan fungsi-fungsi lain yang mendukung CRM adalah sales, marketing, training, pengembangan profesional, manajemen performa, human resource development, dan kompensasi.
Contoh CRC:
Sebuah Bank ingin mencari nasabah yang aman untuk diberikan kartu kredit, maka dibutuhkanlah CRM ini untuk mencari informasi histori nasabah tersebut.


Soal dan Jawaban

1.      Bagaimana sistem enterprise membantu bisnis mencapai keunggulan operasional?
2.      Bagaimana supply chain management systems mengkoordinir perencanaan, produksi, dan logistik dengan suppliers?
3.      Bagaimana costumer relation management systems membantu perusahaan mencapai pelanggan yang dekat?
Jawaban:
1.      Dengan menggumpulkan data dari berbagai divisi pada perusahaan lalu disimpan pada satu database yang terpusat dan menggunakan perangkat lunak yang terintegrasi untuk digunakan pada semua aktivitas internal perusahaan, sehingga perusahaan/organisasi bisa mendapatkan informasi yang baru dimasukkan oleh suatu proses dengan mudah karena selalu tersedia untuk proses yang lain.
Dengan adanya sistem enterprise dapat menaikan efisiensi opersional, menyediakan informasi yang luas bagi perusahaan untuk mendukung pengambilan keputusan, memungkinkan response cepat kepada permintaan pelanggan untuk informasi atau produk, peralatan analitis untuk evaluasi seluruh hasil organisasi.
2.      Dengan menggunakan push-based model dan pull-based model.
·        Pada push-based model pembuatan barang berdasarkan perkiraan dari  supplier, lalu manufaktur akan memproduksi barang berdasarkan data perkiraan dari supplier, selanjutnya distributor akan mendistribusikan barang-barang tersebut pada pedagang/penjual yang nantinya barang-barang tersebut akan di beli oleh konsumen.
·        Pada pull-based model pembuatan barang berdasarkan pemesanan kostumer pada pedagang, pedagang akan secara otomatis mengisi/melengkapi lagi stok, distributor akan secara otomatis mengisi/melengkapi lagi stok, manufaktur akan memproduksi berdasarkan pesanan, supplier akan menyediakan barang berdasarkan permintaan.
3.      Dengan cara:
·        Melacak dan menyatukan semua data costumer dari organisasi
·        Menggabungkan dan menganalisis data costumer
·        Membagikan informasi costumer pada berbagai sistem dan kedekatan costumer pada berbagai enterprise

·        Menyediakan tampilan enterprise sendiri dari costumer.

1 komentar:

  1. Casino Games - JtmHub
    The best casino games, casino bonus and 동해 출장안마 promotions. This is why all the casino games in the world 전라북도 출장마사지 are created with 세종특별자치 출장샵 the 나주 출장샵 same purpose. · 제주도 출장샵 Enjoy online slots

    BalasHapus

THANKS FOR VISITING HERE FRIEND, PLEASE LEAVE A COMMENT AND LIKE, BY ADITYO WARTABONE :)
 

Guest Note

Country Viewers

Flag Counter

Blog Stats

My Partner

Change Your Language