Programming Competition CompFest 2011 - Penyisihan Mahasiswa: Bayar Atau Kabur #TeamUnsrat


Tidak terasa sekarang sudah di bulan Juli saja. Sekarang saya sudah berada di semester 5 Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi Manado, tentunya akan semakin sulit saja mata kuliah yang dihadapi. hmmphht pret. so far... (sok-sokan pake bahasa inggerish awkawkawk) kuliah aman-aman saja, IPK masih sesuai targt kelulusan nanti, beasiswa massih aman, tapi masih ada yang kurang. apakah itu?? awkawkawk yupp yang kurang itu adalah keinginan saya untuk mengicipi (?) Podium Juara biar cuman juara harapan gitu. awkawkawk, salah satunya demi memenuhi hasrat saya yang terpendam tersebut, I (WE) COME BACK... hahahaha kali ini dalam rangka persiapan tim saya untuk Gemastik 9 tahun 2016 maka kami bertiga sepakat untuk latihan bersama dengan soal-soal yang pernah dilombakan sebelumnya.
Kami bertiga?? hm yap... di Gemastik kali ini saya masih (setia) bersama kedua teman saya Ayu (Sri Rahayu Saleho) dan Tian(Christian Danny Irawan) di tim kami yatiu COSMIC123, nah karena sekarang sudah tahun kedua kami mengikuti bidang pemgrograman Gemastik tim kami mendaftarkan diri dengan nama tim COSMIC123V2.0 karena kami ingin seperti NET awkawkawkawk, sedikit intermezo saja saya juga mengikuti bidang keamanan jaringan dan Sistem Informasi bersama teman saya Bima (Bimafentura Tamboto) dan ka Will (Willian Luisan) tapi tidak akan dibahas dalam postingan kali ini karena saya fokus untuk bahas soal pemrograman (mungkin nantinya juga saya akan membuat postingan mengenai Network Security) hehehehe *sadd awkawkawkawk.

Langsung saja ke inti topik postingan kali ini (awkawkawk) sedikit tambahan saya juga mengikuti bidang  . karena kami ingin sekali merasakan final Gemastik yang nantinya akan diadakan di universitas impian saya yaitu Universitas Indonesia, kami memaksimalkan liburan kali ini untuk melakukan training pemgrograman. Pada Training hari pertama tadi malam kami telah berhasil memecahkan soal penyisihan programming competition dari Comfest 2011, CompFest merupakan acara TI tahunan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia. CompFest hadir dengan berbagai lomba berskala nasional yang berkolaborasi dengan perusahaan TI besar di Indonesia begitulah yang saya kutip dari mba Wiki barusan. awkawkawkawk. 
Harapan saya sebagai ketua tim COSMIC123V2.0 (eaa sombong) kami bisa menjawab MINIMAL 1 soal untuk penyisihan nanti. whyyy?? karena soalnya itu nauzubilah susah sekaliii, setres berat waktu liatnya. vakyuu bagi yg buat deh dan salut untuk anak-anak univ populer yang lain bisa menjawab soal-soal gemastik, bahkan yang dari Univ B*N*S  bisa streak all the problem. awkawwkawk itu makanannya apa ye >.< sedangkan kami dengan lapang basket (awkawkakw dada maksudnya) belum bisa menyawab soal-soal tersebut dengan benar. hmmm -___- but so far we have learned, optimis sih bisa jawab 1 soal dengan benar. common kita masih punya banyak waktu untuk sampai ke puncak kemenangan natinya. awkawkawk ok ini dia soal nomor 1 Penyisihan Mahasiswa ComFest 2011 bidang Pemrograman:

Bayar Atau Kabur

Time limit: 1 s
Memory limit: 512 MB

Deskripsi

Pak Chanek kini beralih profesi menjadi seorang sopir taksi. Ia sangat mengetahui seluk-beluk kendaraan taksi yang dimilikinya. Untuk menempuh jarak 1 kilometer, dibutuhkan bensin sebanyak L (1 ≤ L ≤ 1.000) liter. Bensin 1 liter kini seharga R (1 ≤ R ≤ 1.000) rupiah.
Pada suatu hari, Pak Chanek mencari penumpang di sekitar rumahnya. Selagi berputar-putar, seseorang yang bertopi besar dan berjaket hitam menyetop taksi Pak Chanek. Tanpa curiga, Pak Chanek menaikkan penumpang tersebut. Ternyata, ia hendak pergi ke FX, tempat diselenggarakannya Compfest 2011.
Setelah sampai di FX, odometer di taksi Pak Chanek menunjukkan bahwa mereka telah menempuh jarak J (1 ≤ J ≤ 1.000) kilometer dan argometernya menunjukkan angka X (1 ≤ X ≤ 1.000.000.000), yang artinya penumpang tersebut harus membayar ongkos sebesar X rupiah.
Pak Chanek sudah sering membaca berita di koran tentang penipuan penumpang taksi. Ia takut penumpang tersebut kabur dan tidak membayar ongkos taksinya. Oleh karena itu, tentukan keuntungan Pak Chanek jika penumpang tersebut membayar dan juga jika penumpang tersebut tidak membayar.

Format Masukan

Baris pertama berisi sebuah bilangan bulat positif T (1 ≤ T ≤ 100) yang menyatakan jumlah kasus uji. T baris berikutnya masing-masing berisi bilangan-bilangan bulat LRJX, dan sebuah string "bayar" atau "kabur". String "bayar" menandakan bahwa penumpang tersebut membayar ongkos, sedangkan string "kabur" menandakan bahwa penumpang tersebut kabur dan tidak membayar ongkos.

Format Keluaran

T buah baris, masing-masing berisi keuntungan yang diperoleh Pak Chanek. Jika Pak Chanek merugi, keluarkan kerugiannya dalam bilangan negatif.

Contoh Masukan

3
4 2 4 100 bayar
2 2 3 50 kabur
6 4 3 72 bayar

Contoh Keluaran

68
-12
0

Program Dalam Bahasa Pemrograman C


Output


oke, itulah postingan saya kali ini. terimikasih bagi yang sudah mampir. tulisan ini masih butuh banyak perbaikan. Setiap postingan saya itu setiap kali diposting tidak pernah disunting dulu.. malu sih sebenarnya, jelek sekali pemilihan katanya :(. so give me ur comments, like, and subscribe (follow) for better postingan berikutnya.. awkawkawkawk  bhaayyyy... O.o


0 komentar:

Posting Komentar

THANKS FOR VISITING HERE FRIEND, PLEASE LEAVE A COMMENT AND LIKE, BY ADITYO WARTABONE :)
 

Guest Note

Country Viewers

Flag Counter

Blog Stats

My Partner

Change Your Language