Rubik's Cube - BNPCHS 2011

Rubik's Cube

Time limit: 3 s
Memory limit: 128 MB

Deskripsi


Rubik's Cube adalah puzzle mekanik yang cukup populer yang diciptakan oleh professor Erno Rubik.
Sebuah Rubik's Cube klasik berbentuk kubus 3x3x3 yang terdiri dari kubus-kubus kecil yang bisa diputar pada poros kubus besar (lihat gambar). Kubus tersebut memiliki 6 sisi dengan masing-masing sisi memiliki warna yang berbeda, biasanya: putih, merah, biru, jingga, hijau dan kuning. Permainan dimulai dengan mengacak susunan kubus kecil dan kita diminta untuk mengembalikan susunan kubus kecil tersebut sedemikian sehingga warna pada setiap sisi kubus adalah sama.
Orang yang jarang memainkan Rubik's Cube biasanya berpikir jika Rubik tersebut berukuran 3x3x3 maka pasti terdapat 27 kubus kecil (3 * 3 * 3) yang menyusunnya. Namun hal ini ternyata salah. Kubus kecil yang menyusun Rubik's Cube berukuran 3x3x3 hanya ada 26, karena ada satu kubus kecil yang tidak ada (di tengah/dalam Rubik). Jika anda bingung, coba hitung ada berapa kubus kecil yang memiliki warna pada sebuah Rubik's Cube.
Tugas anda adalah, diberikan Rubik's Cube berukuran NxNxN, hitung ada berapa jumlah kubus kecil yang berwarna yang menyusun Rubik tersebut.

Format Masukan

Baris pertama berisi sebuah bilangan bulat T (T ≤ 100) yang menyatakan jumlah kasus. Setiap kasus terdiri dari sebuah bilangan bulat N (2 ≤ N ≤ 100) yang menyatakan ukuran Rubik's Cube.

Format Keluaran

Untuk setiap kasus, output dalam satu baris sebuah bilangan bulat yang menyatakan jumlah kubus kecil yang menyusun Rubik's Cube pada kasus yang bersangkutan.

Contoh Masukan

4
2
3
4
10

Contoh Keluaran

8
26
56
488

Nah ini dia jawaban saya, saya menggunakan bahasa pemrograman C++ kali ini.

Kode Sumber:

Saat menjalankan file executable-nya:

INPUT


OUTPUT
Yoosh, itu dulu dari saya. sampai ketemu di soal-soal pemrograman yang lain, keep coding coders!

0 komentar:

Posting Komentar

THANKS FOR VISITING HERE FRIEND, PLEASE LEAVE A COMMENT AND LIKE, BY ADITYO WARTABONE :)
 

Guest Note

Country Viewers

Flag Counter

Blog Stats

My Partner

Change Your Language